Apa itu encok dan bagaimana pengaruhnya kepada kualitas hidup Anda?

Encok adalah kondisi arthritis yang terjadi ketika kristal asam urat berakumulasi di persendian. Asam urat merupakan senyawa yang normalnya terbentuk ketika tubuh meluluhkan porduk limbah yang biasanya meluruh dalam darah dan masuk ke ginjla dank e air seni.

Bagi mereka yang mengalami encok, kadar asam urat dalam darahnya sangat tinggi sehingga kristal asam urat terbentuk dan tertimbun di persendian dan jaringan lainnya, yang menyebabkan persendian menjadi bengkak, mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat dan jika disentuh.

Encok biasanya mempengaruhi persendian besar di jempol kaki, namun dapat juga mempengaruhi persendian lain seperti tangan, pergelangan, siku, lutut, pergelangan kaki, dan kaki. Bahkan kadangkala encok dirasakan di bahu, pinggul, atau tulang belakang.

Encok TIDAK menyebar dari sendi ke sendi dan biasanya terjadi dalam 4 tahapan:

Asymtomatic – di mana kadar urat dalam darah meningkat namun tidak mengaikabtkan gejala apapun.

Akut – gejala muncul selama 5 sampai 10 hari dengan rasa sakit mendadak di persendian diikuti dengan pembengkakan dan rasa panas di persendian, dan sakit jika disentuh, memerah, atau memar.

Interkritikal – tidak ada gejala antar encok yang terjadi. Sebagian besar orang merasakan rasa sakit kedua dalam 6-12 bulan sedangkan ada juga yang tidak merasakan apa pun selama 5 sampai 10 tahun.

Kronis – persendian sakit dengan adanya timbunan urat yang banyak di tulang rawan dan membran di antara tulang, urat daging, dan jaringan lunak. Kulit di atas timbunan menjadi sakit, dan persendian menegang dan pergerakan sendi menjadi terbatas.